Wednesday, October 22, 2014

Memupuk Kepemimpinan Berjiwa Sosial

Momen bulan suci ramadhan 1435 H yang di isi dengan kegiatan darul arqom secara variatif. SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya merupakan Sekolah bernafaskan Islami menjadi contoh yang melaksanakan darul arqom penuh inovasi.

Setelah mengundang musik patrol di darul arqom kelas IV dan pendongeng untuk mengisi materi darul arqom Kelas III, SD yang dipimpin Ustad Edy Susanto mengadakan darul arqom khusus kelas VI yang dikemas LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Di kegiatan darul arqom Kelas VI yang dilaksanakan setiap tahunnya tak jauh berbeda. Namun, pada tahun ini, darul arqom ini berlangsung pada 18-20 Juli 2014 di Villa Narwatsu, Claket – Pacet, Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

Sebanyak 230 anak didik kelas VI dipastikan mengikuti kegiatan yang bertema “Membangun Sikap Spiritual dan Sosial di Era Global”. Beberapa aspek yang menjadi sasaran darul arqom kelas VI meliputi penanaman sikap (charakter building), pendalaman Keislaman, Penguatan Akidah, Menbentuk leadership dan memupuk kepekaan sosial. Selain bermaterikan keorganisasian Kemuhammadiyah yang membentuk kaderisasi Muhammadiyah, juga ada outbonda dan bakti sosial.

Dalam baksos, pihak SD yang berlokasi di Pucang Anom Surabaya ini membagikan paket yang berisi Minyak 1 liter, 5 Mie Instans, 3 Kg Beras. Paketan –paketan akan diedarkan kepada Masyarakat yang tinggal di sekitar penginapan Narwatsu dengan cara menukarkan kupon yang telah disediakan SDM 4 Pucang Surabaya sebanyak 200 kupon.

Selain kupon untuk Masyarakat, SD Muhammadiyah  4 Pucang Surabaya menyumbangkan 100 Kg beras, 20 liter Minyak goreng, 5 dos Mie Instan kepada panti asuhan Muhammadiyah Claket Pacet Mojokerto.

Ketua panitia, Ustad Nur Fuad S.Fil.I menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar calon pemimpin bangsa mempunyai jiwa sosial. “Seorang pemimpin sejati tidak hanya bermodal leadership semata. Tetapi pada jaman kini, pemimpin harus punya jiwa sosial karena dengan memupuk berjiwa sosial sejak dini merupakan sikap berbagi sesama yang kurang mampu. Dalam Agama Islam, berbagi kepada sesama yang kurang mampu hukumnya wajib,” tutur ustad asal Lamongan.

 

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor