Tuesday, June 19, 2018

MUDIPAT GELAR PENGAJIAN UNTUK MENGAJAK ANAK KE SURGA

Mengajak anak shalat berjama’ah berarti membangun pembiasaan positif. Kami beri anak buku penghubung tujuannya agar kita merawat ibadah anak di rumah, orangtua harus proaktif soal surga anak. Demikian disampaikan Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) Ust. Edy Susanto MPd pada iftitah Pengajian Rutin Ikatan Walimurid Mudipat di Aula TMB, Rabu (20/9/2017).

“Pengajian ini dikelilingi malaikat karena dalam rangka belajar ilmu agama. Saya senang sekali dengan kegiatan ini apalagi ibu-ibu selalu mengaji di sekolah setiap hari. IKWAM Mudipat memang tiada duanya, rasanya di sekolah lain tidak begini,” ujar Kepala SD Berprestasi Kota Surabaya 2017 itu.

Di acara bertema Kemandirian Anak dalam Beribadah dan Beramal Shalih, sang penceramah Ustad Dr Imam Syaukani MA, Mubaligh Surabaya, mengajak para orangtua agar mampu menjadi teladan di rumah, yaitu ahli menjadi penegak shalat di rumah. “Bisa istri bergaul amat baik dengan suami, bisa keluarga bersosial baik dengan orang sekampung, tapi bila meninggalkan shalat hidupnya sia-sia belaka,” tegasnya.

Pria asli Lamongan itu kemudian mengajak orangtua seyogianya menggiring anak dalam benyak kebaikan. Dia mencontohkan, kalau ada pengamen atau pengemis orangtua jangan memberi sendiri, ajaklah anak memberi. “Pada anak jangan bilang ada pengamen ada pengemis. Bilang pada anak, itu nak ada tamu, tolong berbagilah sebagian dari rizki kita. Itu untuk membiasakan anak sehingga bisa mandiri dalam kemuliaan,” tandas ustad 51 tahun ini

Doktor jebolan Universitas Muhammadiyah Malang itu mengajak untuk memasang mindsite bahwa uang yang dikeluarkan harus berniali ibadah. Jangan mudarat. Sebab jika kita dengan tulus ikhlas dalam berinfaq maka Allah akan mengganti. “Itu sudah janji Allah,” katanya. Kemudian, teladankan untuk selalu menyebut nama Allah di rumah. Hendak masuk rumah berdoa, hendak makan, hendak tidur, dan sebagainya berdoa. Maka syaiton akan kalang kabut. ”Tidak ada tidur gratis, makan dan minum gratis lagi di dalam rumah jika Allah selalu disertakan dalam hidup kita,” ujarnya.

Ust. Imam memberikan 10 kiat mendidik anak agar mandiri. Yaitu, anak ajari meminta dan memberi, barikan semua daftar pekerjaan yang bisa dilakukan anak sendiri, mengarahkan dan bukan menyuruh anak, memberi kepercayaan pada anak, dan cobalah berdiskusi dengan anak.

Kemudian kepada anak jangan berharap terlalu sempurna, orangtua memberikan pujian dengan baik, melihat kondisi anak, biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri, dan ajari dan berikan contoh pada anak. “Jangan menunggu usia anak besar untuk mendidik agar mandiri dan bertanggungjawab. Mulailah saat ini,” tukas Ketua II Majelis Tarjih PD Muhammadiyah Surabaya itu.

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor