Tuesday, June 19, 2018

Semarak Literasi di SD Mudipat Pucang

SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya atau SD Mudipat menyelenggarakan lomba menulis cerpen dan mendongeng di Aula Din Syamsudin gedung TMB lantai 4 pada Selasa (27/02). "Untuk meningkatkan minat baca dan menyukseskan gerakan literasi SD Muhammadiyah 4 Surabaya menyelenggarakan kegiatan Semarak Literasi, dalam kegiatan itu ada lomba menulis cerpen, mendongeng, dan seminar," ujar Edy Susanto, Kepala SD Muhammadiyah 4 dalam sambutannya. Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Surabaya 2017 itu menambahkan, kegiatan-kegiatan yang mendukung gerakan literasi perlu ditingkatkan lagi karena literasi merupakan kunci sukses meraih cita-cita, dan membangun peradaban. "Kalau ingin hidup sukses kita harus rajin membaca, firman Allah yang pertama kali turun adalah perintah untuk membaca tertuang dalam Surat Al Alaq ayat 1-5, itu menandakan betapa pentingnya membaca," katanya.

"Untuk menambah semarak lomba, diadakan juga seminar dengan narasumber Dr. Suhartono, M.Pd, dosen Unesa dengan tema Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Membaca Menuju Abad 21 pada Rabu (28/02) di Aula Din Syamsudin gedung TMB lantai 4," ujarnya.

Agar lomba ini berbobot, Dia melanjutkan, didatangkan juri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya, yaitu Vegasari Yuniati dan Sapto Wicaksono juri menulis cerpen. Novita Rully dan Sasi Apri juri mendongeng
Setelah melakukan penilaian, tim juri memutuskan juara 1-3 dan harapan 1-3 untuk menulis cerpen. Juara 1-3 dan apresiasi 1-3 untuk mendongeng.

"Dari 85 naskah cerpen yang terkumpul kita lakukan penilaian, diputuskan pemenangnya adalah juara 1 Vharellia Syifa 5 F, juara 2 Alaudin Akbar 4 F, juara 3 Naura Zalfa 3 F. Harapan 1 Azwa Ghania 4A, Harapan 2 Naurah Putri 5G, Harapan 3 Safety Nakeisha 4D," jelas Sasi, perwakilan Dewan Juri.

"Khusus untuk mendongeng, kita juga memberi reward apresiasi 1-3, dinilai dari antusiasme orang tua dalam mengikuti lomba. Total 18 siswa  mengikuti lomba mendongeng. Juara 1 Keysha 4G, juara 2 Luna Medina 4A, juara 3 Yatalatov Hadid 4C. Apresiasi 1 Ayesha 3A, apresiasi 2 Naura Orvala 5B, apresiasi 3 Maysha Putri 3A," jelas Sasi melanjutkan.
Selain mengadakan lomba menulis cerpen, mendongeng, dan seminar, SD Mudipat juga meluncurkan yel-yel literasi. "Untuk menggelorakan semangat literasi, saya meluncurkan yel-yel literasi pada Kamis (15/03),” ujar Nahari Achyar, guru Seni, Budaya, dan Keterampilan (SBK).

Pria berkacamata itu mengatakan, dibutuhkan waktu satu minggu untuk membuat yel-yel tersebut. "Yel-yel tersebut saya ciptakan dengan mengusung tema membaca membuka dunia, saya buat dalam waktu satu minggu, juga saya buat videonya, dan saya upload ke youtube, agar viral,” katanya.

Pembuatan video ini melibatkan 65 siswa duta literasi yang telah ditunjuk oleh sekolah. "Alhamdulillah, tidak ada kendala dalam proses shooting, meskipun melibatkan banyak siswa. Siswa-siswa sudah pintar, diberi pengarahan sebentar langsung mengerti apa yang harus dilakukan," tutur Nahari.

Nahari berharap yel-yel yang dia ciptakan bisa membawa virus positif. "Semoga bukan hanya sebatas yel-yel saja tetapi bisa diterjemahkan dengan karya nyata sesuai bidang masing-masing yang membawa virus positif bagi semua orang," harapnya. (Anang)


Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor