Friday, October 19, 2018

Perpustakaan Dauzan Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Surabaya

Untuk kali ke sekian SD Muhammadiyah 4 Pucang atau SD Mudipat Pucang meraih prestasi. Perpustakaan Dauzan SD Mudipat Pucang meraih juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Surabaya. Diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya atau Dispusip.

Tahap penyisihan diadakan pada Februari. "Pada tahap penyisihan kita mengirimkan dokumen portofolio lalu kita kirim ke Dispusip untuk diseleksi, diambil 10 besar," ujar Deniya Ningsih, Petugas Perpustakaan Dauzan

"Akhir Februari, saya lihat pengumuman bahwa Perpustakaan Dauzan masuk 10 besar, menempati peringkat 2, dari situ saya dan tim perpustakaan yaitu Nurul Hidayat, Aliyatuz Zakiyah, dan Nanang Pujimanto bertekad menjadi juara 1," lanjut Deniya

Setelah 10 besar, kemudian diadakan penilaian lagi. "Setelah 10 besar, kemudian pada pertengahan Maret dilakukan penilaian oleh Muhammad Arif dari Dispusip untuk dikerucutkan lagi menjadi 5 besar. Perpustakaan Dauzan masuk 5 besar peringkat 1," sambung Deniya.

Deniya menambahkan, pada tahap 5 besar, penilaian dilakukan oleh Ratnaningsih, Pakar Perpustakaan dari Unair, Purwatiningsih dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur, dan Dian Wulandari dari Universitas Kristen Petra.

Penilaian pada tahap 5 besar dilakukan awal April dengan cara visitasi. "Pada tahap 5 besar, dewan juri visitasi  ke Perpustakaan Dauzan untuk menilai keadministrasian, kelengkapan dokumen-dokumen, kelayakan ruang perpustakaan, jumlah koleksi buku yang dimiliki, desain ruangan, dan aspek-aspek lainnya," jelas Deniya.

"Selain penilaian-penilaian itu, dewan juri juga menilai presentasi visi-misi dan program-program Perpustakaan Dauzan, dan hasilnya Perpustakaan Dauzan meraih juara 1," ujar Nurul menimpali.

Ditemui di tempat terpisah, Edy Susanto, Kepala SD Mudipat Pucang mengatakan senang atas prestasi ini. "Alhamdulillah akhirnya Perpustakaan Dauzan meraih juara 1, hasil ini berkat doa dan kerja keras seluruh civitas sekolah," ujarnya.

Edy menambahkan, Perpustakaan Dauzan meraih juara 1 dengan raihan total skor 905, mengungguli SD Al Falah dengan skor 870  dan SD Al Irsyad dengan skor 825.

Pada 2017 Perpustakaan Dauzan hanya menempati posisi ke-3 dalam lomba yang sama. "Sebelumnya pada 2017 Perpustakaan Dauzan hanya meraih juara 3, syukurlah kali ini bisa juara 1. Semoga Perpustakaan Dauzan semakin bermanfaat dan memacu semangat berliterasi," ujarnya. (Anang)

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor