Tuesday, June 19, 2018

Darul Arqam Kelas III, Siswa-Siswi Diajarkan Tentang Akhlak dan Tayamum

SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya atau SD Mudipat mengadakan Darul Arqam kelas III pada Rabu-Kamis (23-24/05/2018). Materi-materi yang diberikan adalah tentang akhlak dan ibadah. Disampaikan oleh ustadz devid Maulana, ustadz Bahrir, ustadz Edi Purnomo, ustadz Tajuzzaki, dan ustadz Sulthon.

"Akhlak dibagi dua jenis yaitu akhlak pada Allah, dan akhlak pada manusia. Akhlak pada Allah berarti melaksanakan semua perintah Nya, menjauhi larangan Nya, dan tunduk patuh pada Allah," jelas ustadz Devid Maulana

Dia melanjutkan, selain akhlak pada Allah, manusia juga harus mempunyai akhlak pada sesama manusia. Contohnya berbakti pada guru.

"Berbakti pada guru dapat dilakukan dengan cara perilaku rendah hati, sopan, menghargainya, melaksanakan nasehatnya, mengucapkan salam jika bertemu, memperhatikan jika diajak bicara di kelas, dan melaksanakan perintahnya dengan ikhlas," terangnya.

Materi berikutnya adalah ibadah yaitu tentang tayamum. Disampaikan oleh ustadz Sulthon. "Tayamum adalah pengganti wudlu, menggunakan debu untuk mensucikan diri sebagai salah satu syarat sah shalat," katanya.

Dia menambahkan, debu yang digunakan tayamum adalah  yang menempel di benda-benda seperti meja, kursi, lemari, dinding, lantai, dan lain-lain.

"Kalau kalian sedang berada di dalam pesawat, ketika akan shalat, boleh bertayamum menggunakan debu yang menempel di kursi pesawat," ujarnya.

"Caranya yaitu dengan menempelkan kedua telapak tangan ke kursi pesawat, lalu mengusapkan ke wajah mulai dahi merata sampai ke bawah bagian wajah. Kemudian diusapkan ke kedua tangan merata sampai pergelangan tangan. Dilakukan cukup sekali saja," jelasnya.

"Tidak perlu membawa pasir atau tanah untuk tayamum," imbuhnya.

Selain tayamum, Dia melanjutkan, ada kegiatan membersihkan diri dari hadist yang boleh tidak menggunakan air yaitu istinja.

"Benda-benda seperti batu, kayu, dan daun bisa digunakan untuk beristinja. Ketika selesai buang air kecil atau buang air besar bisa menggunakan batu sebanyak tiga butir untuk membersihkannya," jelasnya.

"Bahkan dengan perkembangan teknologi jaman sekarang bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan," imbuhnya. (A-ji)

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor