Wednesday, April 16, 2014

SD Muhammadiyah 4 Surabaya - Sekolah Teladan Nasional

Sukses Dengan Cara Sederhana

Salah satu materi Pemantapan Iman dan Keislamanan kelas VI yang mempunyai terobosan baru yakni motivasi. Materi ini mempunyai maksud dan tujuan untuk memotivasi Siswa-siswi agar berbuat baik dan bijaksana sesuai dengan ajaran Agama Islam.


Jika pada tahun sebelumnya yang mengisi materi motivasi merupakan internal Sekolah (dalam hal ini Guru Sekolah), maka di tahun ini SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya mengundang praktisi anak bernama Bagus Sanyoto, M.Psi.

Pada pemaparan materi yang disampaikan, Pak Bagus - sapaan akrab praktisi anak yang mengisi- menitik beratkan kepada para peserta untuk mencapai sukses dengan cara sederhana.

"Kemampuan setiap anak tidaklah sama. Dalam memberikan suatu pelajaran kepada peserta yang masih duduk di bangku kelas VI janganlah memakai metode yang njlimet. Siswa-siswi kelas VI patut diajari dengan sistem logika dengan merangsang pikiran untuk berpikir dan harus wajib kreatif," tuturnya.

Dalam menyampaikan materinya, Pak Bagus lebih banyak menggunakan visual bergerak atau bergambar dan visula tidak bergerak. Menurutnya, kemasan penyampaian materi harus menarik peserta untuk menyimak dan harus ada interaktif antara narasumber dengan peserta. (*)

 

 

 

 

Siswa-siswa SD Muhammadiyah 4 Dukung Penyelamatan KBS

Kebun Binatang Surabaya seharusnya merupakan salah satu tempat wisata untuk masyarakat Kota Surabaya. Namun, polemik dari perebutan pengelolaan sampai banyaknya satwa yang hilang dan mati mengundang keprihatinan.

Read more: Siswa-siswa SD Muhammadiyah 4 Dukung Penyelamatan KBS

 

Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Belajar Siswa

Dengan penggunaan media dan gaya kognitif pada anak didik dapat membantu kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik mereka menghantarkan kepada tujuan pembelajaran dengan sukses. Guru IPA kelas V, Imam Suharso S.Si.M.Pd membuat penelitian tentang pengaruh utama dan pengaruh interaksi Penggunaan media (Tidak menggunakan Diagram ASTI AP3 dan menggunakan Diagram ASTI AP3) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar.

Read more: Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Belajar Siswa

   

Pembelajaran Budaya Dua Negara

SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya mempunyai satu program yakni Internasional Class program. Pada program ini, SD berlokasi di Pucang Anom Surabaya mendatangkan bule asal Negara Slovakia yakni Dana Capovicova. Keberadaan Mahasiswi asal Negara pesepakbola klub Napoli, Marek Hamsik ini mempresentasikan tema Cross Cultural Education Between Indonesia - Slovakia by tradisional.

Read more: Pembelajaran Budaya Dua Negara

 

Lesatan Busur Kwartet Berbuah Juara Umum

Meski, selama ini lebih banyak mendulang prestasi melalui Robotika dan Bidang Studi Matematika, SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya membuktikan menjadi Sekolah penghasil talenta lainnya. Selain Tapak Suci, Siswa-siswi SD berlokasi di Pucang Anom Surabaya ini menyabet gelar Juara Umum Pekan Olah Raga (POR) SD 2013 di Gresik. Kwartet SDM 4 Pucang Surabaya yakni Dio Irfandi A, Rayhan Nawfal Islamy, Dimas Islami Putra Arifin dan Altrinska Izzati K.H.

Read more: Lesatan Busur Kwartet Berbuah Juara Umum

   

Page 4 of 8

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor