Saturday, October 25, 2014

SD Muhammadiyah 4 Surabaya - Sekolah Teladan Nasional

Bukti Generasi Penerus Robotika

Galen Taris saat menjuarai lomba robotika di Bandung

 

Tidak pernah kehabisan talenta. Begitulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan siswa berprestasi non akademik, terutama ekstra kulikuler Robotika. Setelah beberapa anak didik berbakat di Robotika lulus, SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya kembali sukses menyiapkan regenerasi.

Read more: Bukti Generasi Penerus Robotika

 

Dua Kunci Menuju Sukses

Salah satu ukuran keberhasilan Sekolah dilihat dari faktor jumlah Siswa-siswi dalam setiap tahunnya. Meningkatnya jumlah Anak Didik Baru dan prestasi membuat SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya menjadi salah satu Sekolah swasta paling favorit.

Pada tahun 2014 adalah masa transisi Kepemimpinan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Edy Susanto, M.Pd sebagai pengganti Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang lama, Ustad Muh Sholihin S.Ag, M.PSDM yang sudah menjabat selama dua periode (2006-2014).

Dalam memanage Sekolah, Bapak Dua anak ini tidak langsung melakukan perubahan besar-besaran, terutama di  bidang manajemen. “Pondasi manajemen Pimpinan Sekolah yang lama sudah bagus. Untuk itu, sebagai suksesornya, Saya tinggal melengkapi beberapa faktor yang kurang sehingga menjadi sempurna,” tutur Ustad Edy Susanto, M.Pd

Konsep manajemen SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya pada Tahun Pelajaran (Tapel) 2014-2015 menitik beratkan kepada dua manejemen yang diterapkan yaitu Enrichment (pengayaan) dan Enlargement (perluasan).

Dalam manajemen pengayaan, para Guru dan karyawan Sekolah diberi kesempatan untuk memiliki otoritas untuk memutuskan suatu masalah atau tugasnya masing-masing. Sehingga Guru dan karyawan dituntut untuk lebih profesional, inovatif dan mempunyai ide-ide baru yang bisa diimplementasikan ke dalam manajemen.

Sedangkan manajemen perluasan dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan dan keutuhan para Guru dan karyawan maka pihak Sekolah memberi tantangan pekerjaaan yang baru sehingga dapat  menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman Guru.

Penerapan dua model manajemen tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing Sekolah di era globalisasi ini  dengan tidak meninggalkan profesionalisme dan loyalitas. Intinya di manajemen ini, bekerja dengan semangat profesional dan pengabdian penuh keikhlasan.

Bagi Ustad Edy, dua manajemen tesebut menjadi kunci sukses Sekolah. “Kami selaku Pimpinan Sekolah akan selalu terbuka jika ada ide-ide berasal dari semua unsur elemen yang ada di lembaga (Sekolah). Hal ini diterapkan agar ke depan, Sekolah diharapkan mampu meningkatkan partisipasi semua elemen Sekolah. Yang tidak kalah penting yaitu rasa memiliki dan semangat kebersamaan dalam menjalankan sistem manajemen di Sekolah. Keterbukaan adalah tulang punggung kebersamaan.” terang Ustad asal Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. (*)

 

 

Puncak Gebyar Hari Kemerdekaan

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke 69 tahun, SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya mengadakan rangkaian kegiatan. Setelah melaksanakan 14 lomba, SD swasta bernafaskan Islam kembali menghelat acara puncak hari kemerdekaan.

Read more: Puncak Gebyar Hari Kemerdekaan

   

Pengalaman Berharga Sang Dutor

Fathur (dua dari kiri)

Cabang Olahraga Baseball tidak sepouler seperti Sepak bola ataupun Bulu tangkis. Namun, ditengah “sepi” peminat, olahraga yang identik dengan bola pukul ini masih ada bibit atlet berpotensi di Kota Surabaya.

Read more: Pengalaman Berharga Sang Dutor

 

Keunikan Lomba Tradisional

Selain kaya hasil alamnya, Bangsa Indonesia juga kaya akan permainan daerah. Dengan memiliki lebih dari 30 provinsi secara otomatis memperkaya akan dolanan atau permainan di tiap daerah.

Read more: Keunikan Lomba Tradisional

   

Page 4 of 15

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor