Sunday, November 23, 2014

SD Muhammadiyah 4 Surabaya - Sekolah Teladan Nasional

Study Banding Menjadi Sarana Berbenah Sekolah

Umur SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya sudah menginjak 50 tahun. Pada usia emas SD pimpinan Ustad Muh Sholihin tetap mawas diri dan berpijak pada bumi. Meski, termasuk Sekolah yang sukses mengembangkan diri, SD berbranding Sekolah Teladan Nasional welcome kepada Sekolah maupun Instansi Muhammadiyah dari daerah lain.

Read more: Study Banding Menjadi Sarana Berbenah Sekolah

 

Sharing Manajerial Untuk Kembangkan Sekolah

Perkembangan Sekolah tidak lepas dari faktor seperti jumlah Siswa-siswi yang bersekolah, fasilitas yang dimiliki Sekolah dan hubungan antara pihak Sekolah dengan para Orang Tua yang tergabung dalam Ikwam (Ikatan Wali Murid).

Read more: Sharing Manajerial Untuk Kembangkan Sekolah

 

Pembinaan Aqidah Melalui PIK

Program SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya setiap tahun yakni Pemantapan Iman dan Keislaman (PIK) telah dimulai. Siswa-siswi kelas 6 mengawali kegiatan ini dalam dua hari yakni pada 30-31 Januari 2014.


Dengan jumlah peserta 241 yang mengikuti dibagi menjadi 14 Kafilah Putra dan 14 Kafilah Putri. Kegiatan bertema Iman dan Islam tidak hanya menjadi ajang membangun motivasi dan kemandirian belajar peserta

Poin utama yang ingin dicapai dalam PIK agar Anak didik SD pimpinan Muh Sholihin yang akan melanjutkan ke jenjang SMP ini adalah agar mempunyai akidah yang kuat.

"Pada kegiatan sehari-hari, Kita selalu menekankan kepada Siswa-siswi untuk melaksanakan Sholat 5 waktu baik di Sekolah maupun di rumah. Namun, dalam kenyataannya ada rasa kekhawatirkan yakni akidah anak didik Kita perlu dibenahi. Kegiatan PIK merupakan momen yang pas untuk memperbaiki dan meningkatkan akidah anak didik Kita," papar Pimpinan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, Ustad Muh Sholihin.

Materi kegiatan PIK yang di ikuti para Pelajar kelas VI meliputi hafalan doa harian dan Surat pendek, mempelajari Tayamum dan Mandi Jinabah, praktek wudhu, praktek Sholat, hingga memberikan motivasi dengan menghadirkan narasumber praktisi anak, Bagus Sanyoto, M.Psi.

Dalam PIK ini, para peserta wajib mengikuti pre test dan po test yang bertujuan agar diketahui kemampuan peserta sebelum dan sesudah melaksanakan PIK. Panitia berharap para peserta bisa menerapkan dan mengaplikasikan yang diperoleh di PIK

Di PIK tahun ini, panitia pelaksana juga mencatat sikap dan tingkah laku seluruh peserta. Bagi peserta yang mendapatkan nilai baik, peserta berhak mendapatkan reward dari pihak Sekolah. (*)

 

 

   

Sukses Dengan Cara Sederhana

Salah satu materi Pemantapan Iman dan Keislamanan kelas VI yang mempunyai terobosan baru yakni motivasi. Materi ini mempunyai maksud dan tujuan untuk memotivasi Siswa-siswi agar berbuat baik dan bijaksana sesuai dengan ajaran Agama Islam.


Jika pada tahun sebelumnya yang mengisi materi motivasi merupakan internal Sekolah (dalam hal ini Guru Sekolah), maka di tahun ini SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya mengundang praktisi anak bernama Bagus Sanyoto, M.Psi.

Pada pemaparan materi yang disampaikan, Pak Bagus - sapaan akrab praktisi anak yang mengisi- menitik beratkan kepada para peserta untuk mencapai sukses dengan cara sederhana.

"Kemampuan setiap anak tidaklah sama. Dalam memberikan suatu pelajaran kepada peserta yang masih duduk di bangku kelas VI janganlah memakai metode yang njlimet. Siswa-siswi kelas VI patut diajari dengan sistem logika dengan merangsang pikiran untuk berpikir dan harus wajib kreatif," tuturnya.

Dalam menyampaikan materinya, Pak Bagus lebih banyak menggunakan visual bergerak atau bergambar dan visula tidak bergerak. Menurutnya, kemasan penyampaian materi harus menarik peserta untuk menyimak dan harus ada interaktif antara narasumber dengan peserta. (*)

 

 

 

 

Siswa-siswa SD Muhammadiyah 4 Dukung Penyelamatan KBS

Kebun Binatang Surabaya seharusnya merupakan salah satu tempat wisata untuk masyarakat Kota Surabaya. Namun, polemik dari perebutan pengelolaan sampai banyaknya satwa yang hilang dan mati mengundang keprihatinan.

Read more: Siswa-siswa SD Muhammadiyah 4 Dukung Penyelamatan KBS

   

Page 12 of 16

Alamat Sekolah

Pucang Anom 93 Surabaya 60282
East Java, Indonesia
Phone: +6231-5037648 / +6231-5020933
Fax: +6231-5037646 / +6231-5020933
Email: sdm4pucang@yahoo.com
Website: www.sdm4sby.com

Peta Sekolah

World Visitor